Minggu, 12 Januari 2014

Liebster Blog Award


Beberapa hari yang lalu, gue membaca postingan beberapa teman BBI tentang Liebster Blog Award ini. Entah siapa yang memulai, tapi yang jelas postingan ini sudah merambat luas ke seluruh penjuru BBI. Aturannya, kita menjawab pertanyaan dari Blogger yang men-tag kita. Lalu kita buat pertanyaan yang ditujukan ke 10 blogger lainnya, ditambah 10 fakta random tentang kita.

Gue nggak nyangka, gue kebagian tag juga dari kak Indah @ Indah's Book Dreamland (nama blognya mirip taman bermain ya >.<), Tammy @ Tea Time and Books (cuma gara-gara gue bilang : nggak ada yang nge-tag gue, gue jadi satu-satunya blogger yang ditag dia =..=) dan Zelie @ Book-Admirer (dan gue nggak tahu kalo udah di-tag sampe orangnya ngomong xD). Di twitter ternyata ada 2 orang blogger kece lagi yang ngetag gue : Stefanie Sugia dan Ariansyah (makasih loh udah ditag ^^).

Sekarang, saatnya mengerjakan PR :D

A. Pertanyaan dari kak Indah @ Indah's Book Dreamland

1. Siapa pengarang fave kalian? Dan mengapa kalian menyukai karyanya dan apa yang membedakan dia dengan pengarang lainnya?
Mmm.. seperti yang kalian tau, list bacaan gue masih sangat sedikit. Dan gue jauh lebih sering membeli ketimbang membaca buku (statement macam apaa ini?). Tapi sepertinya gue akan bilang pengarang fave gue, Nicholas Sparks (meskipun gue baru akan membaca bukunya x3). Filmnya yang diadopsi dari novelnya keren-keren, dekat dengan kehidupan kita, damai, dan mengharukan. :)

2. Buku apa yang paling berkesan? Dan apa yang membuatnya berkesan?
Tahun ini buku yang membuat gue terkesan adalah The Invention Of Hugo Cabret karangan Brian Selznick. Karena buku ini adalah novel ilustrasi pertama yang gue baca dan gue merasa takjub. Benar-benar pengalaman baru. :D

3. Kalau kalian bisa 'menyicipi' sekilas kehidupan dari tokoh yang pernah kalian baca di buku, karakter mana yang akan kalian pilih, dan mengapa dia?
Kalo cuma sekilas, gue pengen menyicipi kehidupan Katniss pas dia lagi dikarantina di Capitol. Pengen tahu aja gimana rasanya masakan Capitol dan nyobain berbagai macam peralatan canggih. Haha.

4. Buku mana yang sekelar membacanya membuat kalian merasa telah membuang waktu dengan percuma? Apa yang membuat kalian merasa demikian?
Ada sih, perlu sebut merk ya? Haha. Once Upon a Love kali ya, alurnya terasa datar, karakternya nggak berkesan dan penyelesaian ceritanya juga cuma gitu aja. Tapi gaya penulisannya kece kok. :D

5. Kutip donks bagian paling berkesan dari buku yang pernah kalian baca, dan mengapa kalian memilih kalimat itu?

Kamu tahu, tidak pernah ada bagian yang berlebih dalam sebuah mesin. Jumlah dan jenis setiap bagiannya tepat seperti yang mereka butuhkan. Jadi kupikir, jika seluruh dunia ini adalah sebuah mesin yang besar, aku pasti berada di sini untuk tujuan tertentu. Dan itu berarti, kamu berada di sini juga untuk tujuan tertentu.

The Invention of Hugo Cabret (hal 388)

Gue bukan orang yang rajin mengutip. Tapi ketika gue menemukan kalimat di atas, gue langsung komentar "Wah, ini kalimat keren abis." 

6. Hal-hal apa yang menjadi pertimbangan dalam membeli buku? Dan seberapa penting rekomendasi dari orang yang telah membaca buku tersebut?
Hal utama yang menjadi pertimbangan adalah selera sebenernya. Misalnya gue kan suka Jepang-jepangan nih, jadi kecenderungan gue untuk beli buku-buku bernuansa Jepang juga besar. Selain itu, biasanya gue menaruh minat pada karya-karya klasik (yang niatnya mau gue baca), atau buku-buku keluarga.

Mengenai rekomendasi dari orang tergantung seberapa besar kecocokan selera dengan orang itu. Hehe. Tapi belakangan ini, gue lagi murahan banget. Apa juga dibeli, kalo lagi obral. Haha, cuma khusus di obral yang jadi pertimbangan adalah kepopuleran sebuah buku (buku yang sering dibicarain teman-teman BBI), harga, sinopsis, dan lagi-lagi kecocokan. ^^

7. Ada buku tertentu yang saking kerennya bikin kalian berharap kalian bisa menulis seperti itu?
Banyak sebenernya, cuma bukunya belum pada gue baca. Huahahahaha. #dikepret. Mungkin gue pengen bisa menulis novel romance seperti mangaka-mangaka Jepang (ampuni akuu Kak Indah xD).

8. Buku mana yang endingnya paling mengecewakan?
Jokernya Valiant Budi kali ya. Pokoknya gue nggak terima sama endingnya, muahahaha.

9. Rekomendasiin donks 3 buku yang menurut kalian perlu bangets dibaca untuk sebanyak mungkin orang, dan kenapa kalian memilih ketiga buku itu?
Hmmm... serius ya, gue merasa nggak layak merekomendasikan buku ke orang-orang karena jumlah bacaan gue sangat sedikit. Kalopun harus, sepertinya gue bakal merekomendasikan buku-buku motivasi Andrie Wongso atau kisah-kisah klasik bijaksana Asia gitu. x3

10. If you could meet your fave author, dead or alive, siapa orangnya, dan pertanyaan apa yang paling ingin kalian ajukan ke dia?
Gue pengen ketemu Keigo Higashino kayaknya. Walaupun gue belum baca novel Beliau, tapi dari dramanya aja gue udah berasa tulisannya bakal cetar membahana. Pertanyaan yang mau gue ajuin itu : bagaimana ia bisa menciptakan karakter sekeren Yukawa Manabu? haha.


B. Pertanyaan dari Tammy @ Tea Time and Book

1. Buku lokal atau terjemahan?
Karena saat ini jumlah novel terjemahan gue lebih banyak, jadi gue pilih terjemahan.

2. Roman atau fantasi?
Kayaknya di cerita fantasi pun ada romannya juga ya :P Pilih roman deh, yang paling banyak di timbunan. Tapi dengan konflik yang nggak menye-menye ya. Haha

3. Beli buku karena suka covernya atau karena sinopsisnya?Gue comot karena cover, gue bawa ke kasir karena sinopsisnya. Jadi bisa keduanya. :P

4. Berapa jumlah timbunanmu?
Akumulasiin aja jumlah Buying Monday 1 sampe 4, dikurangin jumlah review. :P

5. Buku anak/dongeng favorit?
Dongeng aja deh. 

6. Pilih teh atau kopi untuk menemani baca?
Kopi tanpa ampas.

7. Buku fisik atau e-book?
Fisik yang keliatan wujudnya aja nimbun, apalagi e-book. x3 Fisik deh, biar bisa ditandatanganin penulisnya juga. :D

8. Happy ending atau sad ending?
Tergantung cerita sih sebenernya. Tapi sejujurnya gue tipe happy ending. 

9. Manga atau novel grafis?
Manga

10. Buku rekomendasi dari teman yang membuatmu merekomendasikannya juga ke yang lain?
Buku yang direkomendasi teman belum ada yang gue baca, jadi gue nggak bisa rekomendasiin balik. Muahaha.


C. Pertanyaan dari Zelie @ Book Admirer

1. Apa faktor utama yang membuat kamu ingin membeli sebuah buku?
Sama dengan jawaban no.6 di pertanyaan kak Indah. x3

2. Apa kamu punya budget tertentu untuk belanja buku?
Sebenernya gue membatas hanya berbelanja maksimal 200 ribu setiap bulan untuk membeli buku, tapi jumlah ini selalu terlewati. =..=

3. Apa judul buku yang pertama kali bikin kamu susah lupa?
Apa yaaa, buku Memory and Destiny kali ya :P abis itu buku kan legendaris banget sampe mau dilupain pun susah :P

4. Siapa tokoh dalam sebuah buku yang menurut kamu, sangat mirip dengan kamu?
Kalo yang sangat mirip, tentu aja ada di buku yang gue karang sendiri. :P Tapi apa boleh buat, bukunya belum terbit Chei. xD

5. Kapan waktu yang paling tepat untuk membaca buku?
Pas lagi bengong dan nggak tau mau ngapain biasanya gue baca. Haha. Tapi sekarang gue wajibin tiap hari harus pegang buku dan baca, walaupun abis itu gue.... ZzzzzzzZZZzzz

6. Apa alasan kamu pengen bikin blog buku?
Serius nih ya, alasan gue bikin blog buku itu pengen ngurangin timbunan. Gue pikir dengan bikin blog ini, gue bakal lebih rajin baca, mereview buku dan timbunan akan perlahan-lahan menipis. Iya, gue emang jadi lumayan lebih rajin baca tapi timbunan malah makin menggunung. Muahahaha.

7. Apa faktor yang bikin kamu sebel banget sama buku yang kamu baca?
Tokoh utamanya terlalu narsis, sok iye, dan nyebelin abis. Konflik yang terjadi di buku disebabkan oleh kelakuan labil si tokoh utama sendiri dan ini terjadi berulang-ulang. Karakter cowok/ceweknya dibikin terlalu cinta setengah mati sama pasangannya seolah nggak manusia lain aja di dunia ini (kecuali kalo karakternya emang psycho, ini pengecualian).

8. Kasih tau dong, alasan kamu pake judul blog kamu sekarang
Sebenernya waktu itu mau pake judul Cizu Ketimbun Buku, tapi ternyata judul itu sudah ada yang pake. Terus yang terlintas kemudian adalah Cizu di Pulau Buku. Karena males mikirin judul lain, yaudah pake itu aja. xD #dikeplakChei.

9. Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk review sebuah buku?
Kalo bukunya berbekas banget, gue bisa ngetik review panjang nonstop di Goodreads dalam beberapa puluh menit. Tapi, kalo lagi mandek kadang gue bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu menumpuknya jadi draft. xD Seringnya sih 1 sampai 2 jam kalo lagi niat bikin beberapa review sekaligus.

10. Pernah ketemu pengarang idola kamu? Ceritain dong, kalau udah.. Kalau belum, pengen tanya apa aja?
Sama dengan jawaban no.10 di pertanyaan kak Indah. x3


D. Pertanyaan dari Stefanie Sugia @The Bookie Looker

1. Sebagai seorang pembaca, pernahkah kamu memotivasi orang lain untuk membaca?
Gue lebih sering memotivasi orang lain untuk ke obralan daripada membaca. #eh. Tapi semoga dengan banyaknya timbunan itu, teman-teman gue jadi lebih rajin membaca ^^v #alibi. 

2. Jika kamu suka baca buku, apakah pernah terpikir untuk menjadi seorang penulis?
Awalnya gue suka baca buku, karena memang ingin jadi penulis (sebelumnya gue cuma baca komik xD). Gue sangat tertohok dengan kalimat dari Stephen King yang bilang "jika kamu tidak punya waktu untuk membaca, maka kamu juga tidak punya waktu untuk menulis."

3. Apa yang membuatmu tertarik dengan sebuah buku?
Melanjut dari jawaban sebelumnya, seiring dengan berjalannya waktu lama-lama gue jadi semakin tertarik dengan buku. Sama seperti musik, buku pun ada jutaan judul di dunia ini. Rasanya gue takjub aja menemukan cerita-cerita yang berbeda (maksudnya tidak ada yang persis sama, kecuali kalo emang plagiat ^^v) pada setiap buku. Betapa hebatnya imajinasi manusia itu.:D

4. Serial buku apa yang menjadi favoritmu? (Boleh lebih dari satu)
Gue punya Gallagher Girls Series (baru 1 & 2 sih) sama The Hunger Games Series. Gue nggak tahu apakah kedua ini akan menjadi series favorit gue atau nggak, karena gue belum baca keseluruhan seriesnya. Haha. (terus ngapain dijawab, Nciz? -.-) 

5. Saat membaca sebuah buku, lebih suka kisahnya disampaikan dari sudut pandang pertama atau ketiga?
Dua-duanya sama sukanya. :D

6. Cerita seperti apa yang akan kamu buat jika kamu adalah seorang penulis?
Salah satu impian gue adalah menulis cerita romance tentang Baseball dengan setting Jepang. Semoga bisa terlaksana ya xD

7. Jika sudah terlanjur membeli buku serial sampai lengkap dan ternyata kecewa dengan buku pertamanya, apa yang kamu lakukan? Lanjut membaca sampai habis atau tidak?
Lanjut baca, kalo udah kelar langsung  diswap. Wussh wussh wusssh~~~

8. Sebutkan judul buku yang mengubah hidupmu. (Boleh lebih dari satu)
Muahahaha, berat bangeeet pertanyaannya. *kata Kak Mute begitu* Setiap buku pasti mengubah hidup kali yaa, walaupun dampaknya kecil. :3 

9. Apa yang menjadi motivasimu untuk membuat sebuah blog buku?
Sama dengan jawaban dari pertanyaan Zelie no. 6

10. Lebih suka membaca buku berbahasa Inggris atau Indonesia?
Indonesia, gue nggak gape bahasa Inggris. xD (malah bangga)


E. Pertanyaan dari Ariansyah

1. Buku yang paling ingin kamu baca sekarang?
Sekarang ini gue lagi pengen baca semua buku yang gue pinjem dari teman-teman gue. Ditambah buku dari Santa. Semoga bisa selesai tepat waktu xD

2. Sad ending, Happy ending atau cliffhanger ending?
Aduh, jangan ketemu cliffhanger ending deh kalo emang nggak ada sekuelnya. :| Sad ending atau happy ending sebenernya sama-sama oke asal eksekusinya pas. :D

3. Edward Cullen atau Peeta Melark?
Peeta Melark aja deh. :)

4. Lebih suka baca buku sambil ngemil atau sambil dengerin musik?
Sebenernya lebih suka sambil ngemil, tapi kalo gini ntar halaman bukunya kotor .__. Kalo sambil dengerin musik, gue nggak konsen. Hahaha. Jadi konsen baca aja deh.

5. Buku yang paling menjadi favoritmu selama ini?
Seringnya sih manga : Tales from The Darkside - Yoko Matsumoto dan Pengantin Demos - Yuuhoo Ashibe.

6. Pernah baca buku yang bikin kesel setengah mati? Judulnya?
Haduuuuh, sebut merk lagi nih. :| Nggak usah aja deh ya, lagian belum kelar baca buku itu kok sebenarnya. xD *kedip-kedip
7. Paperback atau hardcover?
Paperback, HC lebih mehoong. Kagak mampu beli .__.
8. Apa judul buku yang menurutmu paling sukses ketika diadaptasi jadi film?
Harry Potter kali ya, tapi yang gue suka dan ikutin adalah Bourne series. Film yang bikin gue jadi ngefans sama Matt Damon. :D Saat ini gue memang belum membaca novelnya, tapi gue berharap suatu saat bisa kesampaian baca itu.

9. Dan apa film adaptasi dari buku yang paling mengecewakan menurutmu?
Gue rada kecewa sama film 47 Ronin kemarin. Bukan karena selipan fantasi dan karakter baru, tapi di film itu sama sekali nggak ada bahasa Jepangnya. :( Padahal kan lebih kece kalo dibikin kayak film The Last Samurai. Jadi pas adegan sesama orang Jepang, ngomongnya ya pake bahasa Jepang. Lah ini, gue cuma bisa bengong pas Mika (Shibasaki Kou) manggil bokapnya "Father~~" Elaah, nggak asik banget -.- Eh, tapi kalo dipikir-pikir yang bule kan cuma Keanu Reevesnya doank ya. :| (masa iya gue suruh Keanu Reeves-nya aja yang belajar bahasa Jepang dan seluruh film pake bahasa Jepang. Bisa dikepret gue xD)

10. Metropop atau Amore?
Boleh pilih teenlit aja nggak, kan akyuuh masih remajaaa. *langsung sok muda* Haha. Metropop deh. :D


Selesai sudaah menjawab pertanyaannya :D. *fiuuuh~ Sekarang gue mau bongkar aib kasih 10 fakta tentang gue :

1. Gue suka gelar konser dadakan di kamar mandi 
2. Gue nggak bisa ngomong 'R'
3. Gue nggak suka bawang-bawangan, dan rela milihin bawang dari nasi goreng atau makanan apapun.
4. Gue suka nyimpen lembaran duit-duit lama di dompet.
5. Gue suka mengunduh lagu-lagu yang gue temukan di novel.
6. Gue suka dengerin berbagai macam lagu dari dan gampang bosen sama sebuah lagu. Biar nggak gampang bosen, gue mengompress lagu-lagu di playlist supaya micro sdnya bisa muat banyak. (kurang kerjaan? yes!)
7. Gue penakut terutama sama yang berbau-bau hantu gitu.
8. Gue pengen suatu saat nanti bisa pergi ke Jepang. Haha. :D
9. Gue masih berusaha menyelesaikan draft novel gue yang pertama (dan tidak kunjung selesai).
10. Gue pembaca buruk yang suka ketiduran sewaktu baca buku.


Terakhir, pertanyaan dari gue untuk siapa saja yang bersedia di-tag. Haha

1) Kalau kamu dikasih kesempatan mengubah cerita, buku apa yang mau kamu ubah ceritanya dan seperti apa cerita versimu?
2) Kalau bukumu bisa ditandatanganin sama penulis manapun yang kamu inginkan, pengennya minta ttd siapa?
3) Pernah download lagu yang kamu temukan di novel? Apa judul dan nama penyanyinya?
4) Lebih suka J-Lit atau K-Lit?
5) Kalo bisa request ke penerbit, kamu bakal request penerbit untuk menerjemahkan novel apa?
6) Ada nggak novel terkenal yang menurut kamu nggak bagus dan kamu bingung kenapa bisa terbit?
7) Siapa karakter cowok/cewek yang menurut kamu paling ideal untuk dijadikan pacar?
8) Siapa karakter yang paling pengen kamu bejek-bejek, dan kenapa?
9) Menurut kamu genre buku apa yang sebenarnya bagus namun kurang terekspos di Indonesia?
10) Apa pendapat kamu tentang buku-buku yang diterbitkan selebtwit?


Sebagai awalnya, gue akan memilih beberapa orang blogger (ada yang dari luar BBI juga sih, semoga nggak apa-apa yaa :D) dan ini dia orang-orangnya :

Kak Mute (ampuun kak, nggak apal nama blognya >.<)

(feel free to tag your self :3)

See ya! :D

1 komentar:

Tammy Rahmasari mengatakan...

Gw juga suka Matt Damon gara2 Bourne! XD

Eh iya, gw punya bukunya tuh. Tapi beneran deh, males dibacanya mending baca filmnya. Sampe sekarang aja masih tergeletak bebas dan mulai menguning di dalem dus :))

Posting Komentar