Senin, 16 Desember 2013

Lucky No.14 Reading Challenge

Yuhuuuuu, kita sudah memasuki penghujung tahun nih teman-teman. Berbagai RC untuk tahun 2014 sudah bertebaran di beberapa blog 'sesepuh'. Salah satunya, RC yang kece badai ini. x3

Lucky No.14 Reading Challenge ini digagas oleh Kak Astrid selaku tuan rumah Books to Share. Periode Reading Challenge dibuka sejak 1 Januari 2014 sampai dengan 31 Desember 2014. Sesuai namanya, ada 14 kategori dalam tantangan membaca ini. Dan untuk menyelesaikan tantangannya, kita harus menyetor minimal 1 link review pada masing-masing kategori. Seru, kan?!

Sekarang mari kita simak apa saja kategorinya. :D

1) Visit The Country, bacalah buku yang setting negaranya merupakan tempat yang sangat ingin kamu kunjungi dalam hidupmu. Pastikan kalau settingnya punya peranan besar dalam cerita dan buku itu bisa membuatmu lebih mengerti tentang tempat impianmu.

Dari dulu gue selalu suka dengan sesuatu yang berbau Tibet (eh, Tibet memang belum jadi negara. Tapi nggak apa-apa kan ya Ka Astrid? *memelas*) dan pilihan buku yang bersetting di Tibet ini adalah Sky Burial. Selain itu gue juga ingin membaca buku bersetting Jepang, seperti Her Sunny Side (iya, kemarin memang sempat pinjam Kak Dinoy. Tapi sebenernya novel itu belum sempat dibaca x3. Niatnya mau sekalian beli Tokyo Tower juga. ^^

2) Cover Lust, pilihlah sebuah buku dari koleksimu yang kamu beli karena kamu tertarik dengan covernya. Apa isinya sebagus covernya?

Sejujurnya, gue bukan tipe orang yang akan membeli sebuah buku hanya karena tertarik pada covernya saja. Tentu saja ada faktor X lain, yang membuat gue rela merogoh kocek demi membeli buku tersebut. Setelah melihat-lihat daftar timbunan koleksi gue, gue pun memutuskan untuk membaca The Marriage Bureau (covernya cantik dan sinopsisnya terdengar menarik) dan Gossip from the Girls' Room (covernya unyu dan gue beli cuma sepuluh ribu).

3) Blame it on Bloggers, bacalah sebuah buku yang membuatmu tertarik, setelah kamu membaca sparkling review dari blogger lain. Jangan lupa sebutkan nama bloggernya juga ya! 

Karena gue orangnya lumayan latah, sepertinya ada cukup banyak buku yang bisa gue sebutkan di sini. Namun, sebagai permulaan gue berniat membaca buku Wonder karena penasaran setelah membaca reviewnya Tammy. Lalu, Koyasan yang menurut Roro merupakan buku terseram dari Darren Shan (kayak udah pernah baca buku Darren Shan yang laen aja, Nciz -.-). Covernya unyu loh, sama sekali tidak mencerminkan kalau itu novel horror. Semoga aja selama dan setelah membaca novel ini, gue nggak jejeritan sendiri di kamar. Karena gue ini aslinya penakut. x3 Selanjutnya ada buku The Yearling yang jadi novel favoritnya Biondy di tahun 2013 ini. :D

4) Bargain All The Way, pernah beli buku karena harganya yang sangat murah, sehingga kamu tidak peduli dengan isinya? Sekarang saatnya untuk membuka buku itu dan mencari tahu apakah ini benar-benar layak dibeli?

Oke, gue ngaku. Bisa dibilang lebih dari separuh timbunan gue adalah buku-buku obral. Gue sampai bingung sendiri harus membaca buku yang mana untuk daftar ini. *sigh* Setelah bolak-balik membongkar timbunan, memilih-milih, akhirnya pilihan gue jatuh pada novel Please Look After Mom (15k), Wandeuk (15k), dan The Unknown Errors Of Our Lives (10k). Daftar ini mungkin akan terus bertambah, tapi untuk sementara gue akan mulai dengan buku-buku ini. Hoho.

5) (Not So) Fresh From The Oven, apa kau ingat pernah membeli buku yang baru rilis tahun kemarin (2013) namun belum sempat membacanya? Sekarang saatnya membaca buku itu dan kembali ke tahun 2013.

Seingat gue ada beberapa buku terbitan tahun 2013 dalam timbunan gue. Mendekap Rasa, Hujan & Pelangi, terus Selamanya Cinta (terbitan sheila). Mungkin tiga buku itu dulu, semoga gue bisa membaca lebih.

6) First Letter's Rule, bacalah sebuah buku yang judulnya dimulai dengan huruf yang sama dengan namamu (misalnya Siska, berarti judul bukunya harus berawalan huruf S). Ingat, imbuhan "a", "an" atau "the" tidak masuk hitungan.

Yaaaak, khusus untuk kategori ini gue sudah menyiapkan beberapa judul yang akan gue baca sepanjang tahun 2014 mendatang. Ada Snow Country, Salju Kilimanjaro, Secret Garden, Saving Francesca, Selebriti, dan Satin Merah. Masih ada lagi sih, tapi segini dulu aja. Hehehe.

7) Once Upon a Time, pilihlah sebuah buku yang sudah terbit di waktu sebelum kamu dilahirkan (nggak mesti buku klasik, sedikit lebih tua darimu juga nggak apa-apa).

*Tarik napas* Seperti yang mungkin teman-teman sudah atau belum ketahui, gue ini gemar mengumpulkan buku-buku klasik. Saat ini ada beberapa buku klasik dalam lemari gue, diantaranya Oliver Twist, The Adventure Of Tom Sawyer, To Kill a Mocking Bird, Love Story, dan beberapa buku lainnya. Tahun depan adalah saatnya membaca buku-buku itu. Hwaiting!

8) Chunky Brick, tarik napas dan bacalah buku dengan 500 halaman lebih.

Muahahaha. Kategori yang ini memang sedikit membuat gue segan. Namun gue punya beberapa koleksi buku bantal yang layak dicoba. Ada Me Before You (hadiah dari Santa, yaaay), Dracula, The Hunter, dan Let The Right One In.

9) Favorite Author, kamu menyukai buku mereka tapi ada terlalu banyak judul. Inilah kesempatanmu, untuk memilih buku yang ditulis oleh pengarang favoritmu yang belum sempat terbaca.

Ups, gue memang punya daftar pengarang yang bukunya layak dikoleksi. Namun gue belum membaca satu pun karya mereka *masuk kolong*. Sip, mungkin ini saatnya gue membaca buku-buku Nicholas Sparks (yang sudah gue punya The Notebook, The Rescue, A Bend in The Road, Message in a Bottle, Nights in Rodanthe, Dear John, The Guardian dan The Choice) dan Cecelia Ahern (yang sudah punya P.S I Love You, Thanks for the Memories, dan Where Rainbows End).

10) It's Been There Forever, pilihlah buku yang sudah berada dalam timbunanmu selama lebih dari setahun.

Hihihi. Malu sih mengakui ini, tapi gue punya beberapa teenlit, metropop dan buku Gagas media yang sudah tertumpuk sekian lamanya. Adapun judulnya adalah sbb : Test Pack, Forgiven, The Jacket, dan Rock and Roll Onthel.

11) Movies vs Books, kamu sudah menonton sebuah film adaptasi (atau baru berencana) namun belum punya waktu untuk membaca bukunya. Sekarang saatnya membaca itu, agar kamu bisa membandingkan buku dengan filmnya.

Gue berencana untuk membaca novel dan menonton film ini tahun depan : 47 Ronin (ada Kou Shibasaki loh #penting), Pride and Prejudice, dan The Fault in Our Stars.

12) Freebies Time, buku terakhir apa yang kamu dapatkan secara gratis? Baik ini dari giveaway, hadiah ulang tahun, maupun kejutan dari seseorang yang spesial, jangan menunda lagi. Buka bukunya dan mulai membaca.

Tahun ini, gue mendapatkan beberapa buku dari teman-teman BBI yang baik hati. Karena tahun ini, gue belum sempat membacanya maka gue akan mulai membacanya tahun depan. Here they are. Kim (dari Annisa), Casper (dari Kakak Moo), Okei (hadiah dari BBI pas IRF kemarin x3), dan Loving the Band, dkk (paket buku dari Bentang Belia).

13) Not My Cup of Tea, bacalah buku dengan genre yang belum pernah kamu coba (atau mungkin kamu tidak suka) sebelumnya. Baik ini roman, horror, atau non fiksi, mungkin kamu akan menemukan permata tersembunyi. :D

Jika dilihat dari genre-genre gue selama ini, gue belum menjamah yang namanya genre fantasy dan thriller. Ya gue cinta damai. Tadinya gue mau cobain Paranormal Romance, tapi belum punya bukunya. Akhirnya gue pun memilih Moribito 1 & 2, The Witch of Portobello, dan The Eyes Of The Dragon.

14) Walking Down The Memory Lane, pernah punya buku yang kamu sangat suka sewaktu kecil? Atau buku yang ingin kamu baca sewaktu kecil? Ambil buku itu dan bersiaplah untuk perjalanan menakjubkan ke masa lalu (komik dan buku grafis diperbolehkan).

Yihaaa, gue paling suka kategori ini. Tentu saja gue akan memasukan list beberapa komik yang nggak pernah bosan gue baca ulang seperti : Detektif Clover/Empat Sekawan dan Time Limit (berniat minjam ke Kak Indah x3). Lalu beberapa buku dongeng, seperti Gadis Korek Api dan Hansel & Gretel. Sebenarnya gue mau masukin Pansy, Candy-candy, dan Mary chan juga. Tapi nyari komik itu udah susah banget sekarang. :|

Banyak banget ya ternyata daftar timbunan gue. :| Niatnya, daftar itu mau gue baca semua. Semoga aja kesampaian. Ayo kalian ikutan juga, biar timbunan kalian berkurang juga. Ada reward-nya juga looh! :D (Oh, telat ya? Udah pada daftar ya? --a)

Akhir kata, good luck for you :D

4 komentar:

Tammy Rahmasari mengatakan...

Yakin ciz mau baca salah satu buku di kategori nomor 5? Hihihi... good luck ya, tapi tar gw pinjem :p

astrid mengatakan...

Hai cizu!! Tibet boleh bangetttt aku juga pingin ke sana XD listnya udah banyak banget niiih...semoga sukses sampai selesai yaaa :) thanks udah ikutan!

Cizu Chan mengatakan...

@Tammy Iyaa, mau gue baca 'niat'nya. Kalo udah kelar, mau dipake buat modal bookswap tahun depan. xD Gampaaang, u tinggal bilang aja mau pinjem yang mana. Hahaha

@ka Astrid Asiiiik, Tibet boleh! xD Iya nih, banyak banget listnya, hahaha. Moga bisa selesai semua.

-Indah- mengatakan...

astagaaa.. banyak bener daftar bukunyaa XD semoga sukses dibaca semuanya karena kalau tahun depan masih lanjut obralannya, dijamin bakal lanjut numpuk buku lagi :))

Posting Komentar